KreasiTha

Kreasi dan Hobi Estha

Selamat Datang

Hallo semua,

Selamat datang di KreasiTha,
Semoga disini dapat info kerajinan tangan yang teman-teman cari. Dan jangan lupa yah tinggalkan pesan atau kirimkan mail ke lesthari@gmail.com
Selamat melihat-lihat
-----Dini Lestari
(Estha)-----

Toko Online Manik-manik

Toko Craft

Plissss ini bukan tips-tips buka gallery, toko, gerai atau meja stand untuk berjual craft, tapi hanya andai-andai Tha kalau bisa buka toko, maunya kaya gimana ….

1. LOKASI
Pemilihan lokasi itu mutlak, apalagi buat yang belum punya nama.
Kelihatannya lokasi yang bagus itu dekat sekolah atau kampus elite, masih satu halaman parkir super or hypermarket, tempat berkumpulnya bubaran karyawan kantoran nunggu kendaraan atau sebelahan dengan tempat-tempat ramai lainnya (sebelahan dengan tukang bakso yang rame banget juga bisa ^^)
Pokoknya usahakan calon pembeli nggak mesti sengaja mampir n parkir kendaraan untuk ke toko kita.
Ini pengalaman Tha juga sih, Tha sering banget lewat satu toko kerajinan, tempatnya oke, dagangannya kelihatannya oke juga, kendaraan yang lewat toko itu juga ramai, tapi suer buat sengaja mampir n parkir kok males bgt, apalagi kalau macet bakal susah deh keluarnya

2. MENARIK
Namanya juga jual hasil kriya dan seni, mesti menarik dong luarnya. Yang pasti tanpa masuk dan melihat plang toko, orang-orang sudah tahu kalau kita jual craft dan teman-temannya. Kalau perlu buat origami bangau dari seng (hihi bukan origami lagi dong namanya) seukuran 1x1 meter dan di cat ngejreng dan pajang di depan toko.

Selain itu hias toko sesuai event atau tanggal-tanggal istimewa, kaya Idul Fitri, Natal, Valentine atau 17 Agustus. Sekarang Tha sudah berandai-andai, seandainya nanti Idul Fitri jatuh dibulan febuari, gallery khayalanku akan dipenuhi dengan ketupat berwarna pink hahahaha norak

3. BARANG DAGANGAN
Selain hasil karya dan barang titipan(kerajinan tangan juga tentunya) ingin juga jual material-material kerajinan tangan. Sebisa-bisanya walau produk masal, tetap ada hubungan dengan kerajinan tangan. Terus kalau bisa jangan pasaran deh

4. KURSUS GRATIS
Inginnya seperti beberapa toko kerajinan di Bandung atau Jakarta.
Pokoknya anda tinggal beli materialnya di toko kami dan dapatkan kursus gratisnya (hehehe toko belum buka dah promosi duluan).
Jadi ingatTokubetsu di Mall Kelapa Gading, mbak nya ramah banget, menawarkan diri kursus gratis waktu beli DIY kurimie pertama kali, kalau nggak bisa-bisa 70% gagal deh


5. KARYAWAN
"Test senyum" sebelum test macem-macem, test senyum dulu si calon penjaga toko. Tha paling males kalau masuk toko yang pelayannya jutek n nilai orang dari penampilan. Nggak tahu juga kan penampilan kucel tapi bawa duit segepok ^^
N satu lagi jangan curiga-curiga n ikutin calon pembeli (walau full senyum). Ikutin saja pakai mata dari jarak aman n selalu siap sedia kalau dibutuhkan.
Jujur, penampilan rapih, trampil, dan lain lain lainnya juga perlu banget kok


6. TOKO ONLINE... JALAN TERUS
Dosen Tha pernah bilang kalau berjualan itu capek. Ramai.. capek, sepi... lebih capek lagi (capek hati maksudnya)
Untuk menghindari si capek hati, lebih baik buka jualan di internet juga, sekalian anggap saja toko kita gudang penyimpanan ^^
Yang penting toko nya panjang umur

7. Mmmmm apa lagi ya, belum kepikir….
Masih project mimpi, cita-cita dan khayalan nih , nunggu ada yang mau mewujudkan ^^


 
ALL INFORMATION AND IMAGES CONTAINED IN THIS BLOG ARE THE PROPERTY AND CREATION OF ESTHA. CONTACT ME AT lesthari@gmail.com INDONESIA 2007